Tips Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Diposting oleh LinkedIdea on Kamis, 06 Desember 2012

Gaji karyawan di suatu perusahaan bagi sebagian orang tidak mencukupi lagi. Kebutuhan hidup yang makin meningkat, menuntut adanya tambahan penghasilan. Tips usaha sampingan untuk karyawan ini moga membantu anda dalam mendapatkan penghasilan tambahan sebagai bekal untuk menjadi lebih mandiri.


Awali dengan modal kecil

Untuk belajar memulai usaha sampingan, anda harus memulai dari yang kecil. Sehingga ketika gagal anda tidak langsung menjadi bangkrut secara total. Tetapi anda punya kekuatan lagi untuk bangun melanjutkan usaha sampingan anda. Ada banyak bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil. Sebagai contoh usaha di bidang makanan anda bisa membaca artikel Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil.

Sebenarnya untuk mendapatkan modal ada beberapa alternatif selain bank sehingga anda terhindar dari riba. Untuk ini silahkan anda membaca artikel sebelumnya tentang Alternatif Modal Selain Bank. Untuk mendapatkan ide bisnis yang akan anda jalankan sebaiknya anda menyimak artikel Langkah Cerdas Mencari Ide Bisnis.

Manajemen waktu yang efektif

Sebagai seorang karyawan anda tentu memiliki waktu yang terbatas, karena harus berbagi dengan waktu anda di perusahaan tempat anda bekerja. Maka bagilah waktu anda secara efektif, tentukan kapan anda dapat mengurus bisnis sampingan di luar jam bekerja. Hal ini memang sulit tapi anda akan dapat melakukannya jika anda benar-benar punya komitmen untuk maju.

Gunakan keahlian anda

Selama anda menjadi karyawan tentunya memiliki beberapa keahlian yang sudah terasah bertahun-tahun. Itu merupakan daya jual yang dapat mengalirkan uang sampingan kepada anda. Sebagai contoh, jika anda bekerja di sebuah perusahaan konsultan design kantor atau rumah, maka anda dapat membuat model yang sama untuk mengerjakan design rumah kecil sederhana. Memang keuntungannya tak seberapa tapi itu adalah awal yang membuka jalan anda untuk mendapatkan order yang lebih besar lagi.

Hindari penggunaan fasilitas kantor

Jika anda membuat usaha sampingan yang sejenis dengan perusahaan dimana anda bekerja. Maka godaannya adalah anda memakai fasilitas kantor untuk kegiatan bisnis sampingan anda. Hindari hal tersebut, karena selain itu adalah perkara haram yakni memakai barang orang lain tanpa izin, anda juga tidak akan termasuk pebisnis yang profesional dan bertanggungjawab yang akan menutup jalan kesuksesan anda.

Pisahkanlah antara pekerjaan kantor dengan bisnis pribadi anda. Kerjakan bisnis sampingan dengan bijak tanpa mengganggu aktifitas kerja pokok anda. Jika anda sudah mantap, maka lepaskanlah usaha kantoran anda dan masuklah kedunia bisnis secara keseluruhan sehingga anda dapat mewujudkan kerajaan bisnis anda sendiri.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar